Monday, April 11, 2011

IDENTIFIKASI MASALAH PENELITIAN

Thanks for your visit. Knowledge as tree without fruits if it not submitted to any other
source: 


Masalah yang tersedia sebenarnya cukup banyak hanya tinggal kejelian peneliti saja untuk menemukan masalah tersebut. Hal-hal yang dapat menjadi sumber masalah antara lain sebagai berikut.
1)      bacaan, terutama bacaan yang berisis tentang laporan hasil penelitian. Karena dalam laporan penelitian tersebut ada permasalahan yang belum teungkap sehingga menjadi pertanyaan dalam benak peneliti. Biasanya dalam laporan penelitian juga terdapa rekomendasi dari pembuat laporan tersebut untuk melakukan penelitan lain yang berhubungan dengan penelitian yang sudah dia lakukan.
2)      Seminar, diskusi, dan pertemuan ilmiah yang lain. Dalam pertemuan ilmiah para peserta melihat hal-hal yang dipersoalkan secara profesional. Oleh karena itu akan mudah muncul permasalahan yang memerlukan jawaban melalui penelitian.
3)      Pernyataan pemegang otoritas. Pemegang otoritas dari pemerintahan maupun non pemerintahan biasanya dalam suatu kesempatan mengucapakan suatu pernyataan. Pernyataan tersebut bisa saja mnggugah hati peneliti “apa benar pernyataan tesebut”. Misalnya seorang gubernur menyatakaan bahwa di provinsinya tenaga guru masih kekurangan.
4)      Pengamatan sepintas. Seringkali seseorang sedang melihat kondisi sekitarnya timbul suatu permasalahan.
5)      Pengalaman pribadi.
6)      Perasaan intuitif. Bisa saja orang menemukan masalah ketika sedang merenung (semacam dapat wangsit githu..). ketika ia merenung terjadi penggabungan beberapa informasi sehinnga menimbulakan pertanyaan karena informasi yang ada kurang lengkap.

No comments:

Post a Comment