Monday, April 11, 2011

PEMILIHAN MASALAH

Thanks for your visit. Knowledge as tree without fruits if it not submitted to any other


Setelah identifikasi masalah kemungkinan besar akan muncull lebih dari satu masalah. Boleh dibilang semua yang ada didunia ini adalah sumber, masalah bagi yang lain tapi juga dapat menjadi jawaban atas masalah yang lain lagi. Setelah masalah teridentifikasi belum tentu masalah tersebut layak untuk diteliti perlu dilakukan pemilihan. Ada dua arah pemilihan masalah  yaitu dari arah masalahnya dan dari arah calon penelitinya.
1)      Pertimbangan dari arah masalah.
Pertimbangan pemilihan masalah dapat dilakukan dari sudut objektifnya yaitu sejauh mana hsil penelitian tersebut memberikan sumbangsih terhadap bidang ilmu pengetahuan yang bersangkuatan atau terhadap pemecahan masalah-masalah praktis. Jadi pemilihan masalah itu relatif, hanya tinggal etajaman peniliti saja dalam melihatnya.
2)      Pertimbangan dari arah peneliti. Pertimbangan utama dari calon peneliti apakah penelitian tersebut sanggup di manage oleh calon peneliti. Bisa atau tidaknya penelitian itu dilakukan oleh calon peneliti ada 5 hal yaitu.
-          Biaya yang tersedia (kalo biayanya tingggi peneliti yang kere atao ga ada sponsor ga bakal bisa ngelaksanain penelitian).
-          Waktu yang digunakan (bisa saja seorang peneliti yang berusia 70 tahun ingin meneliti pertumbuhan dan perkembangan sekelompok anak dalam suatu kota mulai dari bayi hingga meninggal… kalo dilogikakan it’s imposible karena umur manusia sekarangkan hampir tidak ada yang mencapai 150 thun)
-          Alat-alat perlengkapan yang tersedia.
-          Bekal kemampuan teoretis (peneliti harus paham betul tentang apa yang akan diteliti).
-          Penguasaan metode yang diperlukan.

semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment