Monday, February 7, 2011

Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)


Student Teams Achievement Division(STAD) dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin dan merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif atau cooperative learning yang paling sederhana. STAD juga merupakan suatu metode pembelajaran kooperatif yang efektif. Metode ini juga sangat mudah diadaptasi, telah digunakan dalam matematika, teknik dan banyak subjel lainnya, dan pada sekolah tingkat menengah dan perguruan tinggi. Namun STAD adalah paling cocok untuk mengajarkan pelajaran-pelajaran ilmu pasti, seperti perhitungan dan penerapan matematika, penggunaan bahasa dan mekanika, geografi dan keterampilan perpetaan, dan konsep sains.
Gagsan utama di belakang STAD adalah memacu siswa agar saling mendorong dan membantu satu sama lain untuk menguasai keterampilan yang di ajarkan guru.
STAD merupakan metode generic tentang pengaturan kelas dan bukan metode pengajaran komprehensif untuk subjek tertentu. Guru menggunakan pelajaran dan materi mereka sendiri (subjek sendiri).

A.    Langkah –Langkah Penerapan Student Teams Achievement Division(STAD)

Dalam STAD, secara rinci langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.    Penyajian kelas (Class Presentations). Guru menyajikan materi di depan kelas secara klasikal yang difokuskan pada konsep-konsep dari materi yang akan dibahas saja. Selanjutnya siswa disuruh belajar dalam kelompok kecil untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
2.      Pembentukan kelompok belajar (Teams). Siswa disusun dalam kelompok yang anggotanya heterogen (baik kemampuan akademiknya maupun jenis kelaminnya). Caranya dengan merangkingkan siswa berdasarkan nilai rapor atau nilai terakhir yang diperoleh siswa sebelum pembelajaran kooperatif model STAD. Adapun fungsi dari pengelompokan ini adalah untuk mendorong adanya kerjasama kelompok dalam memperlajari materi dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.
3.      Pemberian Tes atau kuis (Quizzes). Setelah belajar kelompok selesai diadakan tes atau kuis dengan tujuan untuk mengetahui atau mengukur kemampan belajar siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dalam hal ini siswa sama sekali tidak dibenarkan untuk bekerjasama dengan temannya. Tujuan tes ini adalah untuk memotivasi siswa agar berusaha dan bertanggungjawab secara individual. Siswa dituntut untuk melakukan yang terbaik sebagai hasil belajar kelompoknya. Selain bertanggungjawab secara individual, siswa juga harus menyadari bahwa usaha dan keberhasilan mereka nantinya akan memberi sumbangan yang sangat berharga bagi kesuksesan kelompok. Tes ini dilakukan setelah satu sampai dua kali penyajian kelas dan pembelajaran dalam kelompok.
4.      Pemberian skor peningkatan individu (Individual Improvement Scores). Hal ini dilakukan untuk memberikan kepada siswa suatu sasaran yang dapat dicapai jika mereka bekerja keras dan memperlihatkan hasil yang baik dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Pengelola skor hasil kerjasama siswa dilakukan dengan urutan berikut: skor awal, skor tes, skor peningkatan dan skor kelompok.
5.      Penghargaan kelompok (Team Recognition) Penghargaan kelompok ini diberikan dengan memberikan hadiah sebagai penghargaan atas usaha yang telah dilakukan kelompok selama belajar. (Slavin,1995 dalam Prilatama, 2008)
B.     Persiapan untuk Menggunakan STAD
Sebelum menerapakan STAD hal-hal yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:
1.      Materi-materia
2.      Memasukan siswa ke dalam kelompok
Janga biarkan siswa memilih anggota kelompoknya masing-masing. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti:
a.       Buat salinan lembar rekapitulasi kelompok.
b.      Merangking siswa.
c.       Tentukan jumlah kelompok. Jika memungkinkan setiap anggota harus mempunyai empat anggota kelompok.
d.      Memasukan siswa. Buat kelompok yang berimbang dengan menyebar anak yang memiliki kemampuan dia atas rata-rata.

Daftar pustaka
Herdian.2009. Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division).(online: http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran-stad-student-teams-achievement-division/)
Sutrisni, 2007.STAD dalamMatematika.(Online:http://trisnimath.blogspot.com/2007/08/ stad-dalam-matematika.html)

No comments:

Post a Comment